Sang Pemimpi

Foto saya
boyolali, jawa tengah, Indonesia
sukses itu tidak wajib. tetapi berusaha untuk sukses itu wajib!

Kamis, 19 Januari 2012

TIPS LULUS “KUMLOD”

Nilai kumlod jika nilai IPK qta mencapai 3,52. ..semua mahasiswa pasti punya ambisi kecil ato mungkin ambisi besar untuk mendapatkan nilai kumlod..intinya mahasiswa mana sih yang nggak pengin lulus dengan predikat nilai kumlod???? Nilai kumlod merupakan kebanggan tersendiri dan akan lebih memudahkan mereka dalam menentukan melangkah selanjutnya.

Mungkin bagi mahasiswa yang intelegensinya diatas rata2 sih, ngak perlu sibuk sana-sini ini itu persiapain segala macem. Tinggal tang-ting-tung, dapet deh nilai kumlod... Tapi bagi para mahasiswa yang IQ-nya golongan menengah kebawah, wah klo gak ini- itu, sibuk sana sibuk sini nyari referensi pasti nilainya gak bakal nyanpek target. Huft.....!! bisa dibayangin betapa capek dan sibuknya!!!!
Tapi guyz!!!! Ojo pesimis dulu semua pasti jalannya. Tergantung kamu-nya mau ambil jalan mana. Kata pepatah, banyak jalan menuju Roma “all roads lead to Rome” kata orang sebelah barat rumahQ. Mau jalur pintas ato sesuai Rute-nya??? Klo pintas, ya....!! tinggal nyontek aja pas ujia, tapi pasti banyak resiko loh.., klo ketahuan kan berabe, bisa2 nilia gak keluar, dan gak lulus. Terus musti ngulang deh..sayang kan Pingin dapet nilai bagus, malah gak lulus matakuliah tersbut. makanya Ane saranin ngnbil sesuai rute-nya aja biar kagak ada masalah ape2.. istilahnya biar bisa “Save journey” gitu. Seperti yang penulis alamin semasa kuliah, maklum IQ-nya Pas2-an tapi bisa kok lulus kumlod. Penulis juga yakin “you can make it!” kamu juga pasti bisa!. Nah ini dia tips-nya.


1. Pertama jangan Sok “Full Question” (jangan banyak bertanya)!
Hahhhhhh....!!! kok malah disuruh diem, meneysatkan tips nih.. Kan kalo ngak ngerti musti banyak bertanya? Eiittt... tenang! Ini tuh Cuma trik doank. Maksudnya tuh dikelas jangan keseringan bertanya, tapi simpan tuh pertanyaan buat kita tanyakan pas kelas sudah over. Nah pas kelas sudah habis, kamu samperin tuh Dosen yang lagi duduk di bangkunya, terus kamu tanyain pertanyaan yang kamu simpen tadi, ato mungkin hal lain yang kamu belum mengerti, tapi yang berhubungan dengan mata kuliahnya. Disini tujuannya, biar kamu dikira sungguh2 mau belajar, benar2 ingin tahu, dan butuh penjelasan yang lebih detail, juga biar muka kamu lebih familiar ato lebih cepat dikenal ma dosen dan kamu bisa interaksi langsung ma dosen. Nah,,, moment ini musti kamu manfaatin betul2!!!

2. Rajin (Deligent & Obidient)
Ya iyalahhhh kudu rajin. Rajin memang wajib Hukumnya. Bisa ketinggalan pelajaran klo gak rajin. Tapi... gak rajin2 amat boleh toh,,, soalnya penulis dulu, ada molor2nya gitu. Tapi Rajin itu harga Mati, gak boleh ditawar lagi.
Tapi rajin disini sedikit berbeda. Maksudnya gini biar gak muter2 penjelasannya. “kita Rajin bantu dosen”. Maksudnya????? GINI MAS BRO... “kalo aku dulu sebelum masuk kelas selalu nongkrong depan kantor fakultas. Bukan apa2, aku tuh lagi nungguin dosen yang mau menuju kelasQ, biasanya kan dosen bawa tas berat tuh, bisa juga PROJECTOR ato apalah yang memungkinkan dosen itu repot untuk membawanya. Aku langsung bilang “Biar saya yang bawain Pak”. Pulangnya juga gitu. Intinya kita rajin bantu dosen,, tentunya harus ikhlas bro... disitu kita tunjukin keTa’dziman qta ma dosen.

3. Minta Tugas Tambahan (Ask Additional assignment)
Nah ini yang peling aku lakuin bro,,, maklum lah IQ-aku kan golongan menengah.. dulu pas ada tugas jarang aq dapet nilai bagus.. terus aku minta tugas tambahan ato istilahnya tugas penunjang, karena aku gak mau kalah ma mereka yang pinter2 tuh aku sering konsul ma dosen. Dan aku “share” kesulita-kesuliatan yang aku alamin. Nah lambat laun aku bisa berkembang, mengalami progress yang baik. Intinya, kalo nilai kurang bagus, jangan berpangku tangan pasrah. Usaha!!!!! Minta tugas Penunjang. Cuma kamu sendiri yang bisa nentuin dapet nilai bagus ato jelek.

4. Selalu menjadi yang pertama di kelas (Be the First in Your Class)
Gimana bisa bro... qta kan gak pinter2 amat?? Itu kan yang kamu tanyakan.. maksudnya gini loh mas broo... klo qta disuruh ngumpulin tugas, diskusi, menegerjakan latiahan, ato apalah, pokoknya kalo qta disuruh apa aja ma dosen dikelas, qta langsung maju gitu loh mas broo. Istilahnya kerennya CARMUK bin CAPER alias cari muka+cari perhatian gitu looo.

5. Silaturahmi (Home Visiting)
Emang mau lebaran pake acara silaturahmi segala, gak nyambung kaliii...!!! Upsss.... jangan underestimat dulu,,, justru ini senjata pamungkas yang paling ampuh.. ini senjata pamungkasQ dulu bro semasa kuliah...dan 100% works!. Berhasil bro!!!. Sekali luangin waktu kita untuk berkunjung kerumah dosen. Ato cari moment yang dianggap paling pas untuk berkunjung dan bersilaturahim. Klo aku dulu biasanya sehabis balik dari rumah, ato sehabis liburan pas aku balik ngampus.. tapi jangan hanya modal berkunjung doank.. qta musti bawa sesuatu yang dosen itu belum tahu... misalnya oleh2 khas daerah qta. Aku dulu sering bawa itu bro... tapi jangan anggap itu sogokan,,, anggap aja penyambung tali silaturahmi. Tau apa hasilnya bro.. semua matakuliahQ dari semerster 1-8 aku ngak ada yang ngulang dan dapet nilai bagus2. Mantap toh brooo....ya, untuk ukuran aku yang IQ-nya menengah memuaskan lahhh brooo.

Penulis merekomendasikan unutuk mas bro para mahasiswa mencobanya. Good luck!!!! Semoga dapet nilai bagus seperti yang penulis Alamin.. nah klo nilai qta bagus terus otomatis IP qta bagus toh, dan IPK qta juga bisa “kumlod”. gak usah minder punya IQ pas2-an, toh semua ada jalannya. Hanya penulis saranin “never stop to learn and pray!!!”. Klo penulis bisa, mas bro para mahasiswa pasti juga bisa.
 
from here

1 comments:

Unknown mengatakan...

sesat sesat , belajar klo mau tanskrip akademik dengan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 3,51 - 4,00
Cumlaude (dengan pujian) :D

Posting Komentar

...........rasah komentar,

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management